
TP DAN ATP
Tujuan Pembelajaran (TP)
Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) yang diperoleh murid dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran. Tujuan Pembelajaran disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju Capaian Pembelajaran (CP).
Secara operasional, komponen Tujuan Pembelajaran dapat memuat tiga aspek berikut ini:
- Kompetensi, yaitu kemampuan yang dapat didemonstrasikan oleh murid atau ditunjukkan dalam bentuk produk yang menunjukkan murid telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran.
- Konten, yaitu ilmu pengetahuan inti atau konsep utama yang perlu dipahami pada akhir satu unit pembelajaran.
- Variasi, yang menjelaskan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi yang perlu dikuasai murid untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran. Misal: mengevaluasi, menganalisis, memprediksi, menciptakan, dan sebagainya.
Contoh Tujuan Pembelajaran
Menjelaskan hukum Newton dengan menggunakan kata-kata sendiri dan menceritakan fenomena dalam keseharian yang menggambarkan hukum Newton.
- Kompetensi (kata kerja yang menunjukkan keterampilan/ aksi) → menjelaskan, menceritakan
- Konten (materi yang dipelajari) → hukum Newton
- Variasi (penggunaan keterampilan berpikir kreatif, kritis, dan tingkat tinggi) → dengan kata-kata sendiri
Prosedur Pengembangan Tujuan Pembelajaran
- Melakukan analisis setiap dimensi Profil Pelajar Pancasila yang sesuai dengan tujuan pembelajaran pada suatu fase.
- Melakukan analisis CP yang memuat materi dan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
- Berdasarkan analisis pada CP, tentukan materi utama atau konten inti.
- Menentukan tujuan pembelajaran. Jika fase CP terdiri dari dua kelas, maka tentukan TP dari kelas yang paling rendah ke kelas yang paling tinggi.
- Perumusan TP memuat kompetensi (pengetahuan, keterampilan dan sikap), konten, serta kebermaknaan dalam pembelajaran.
- Menentukan jumlah jam pelajaran yang diperlukan.
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur Capaian Pembelajaran.
Silakan cek ATP 2022 melalui tautan di bawah ini:
https://drive.google.com/drive/folders/1l7EyaXuUtQ7QIBd-VRZ3yut9dzj8_ejN
Skema Penurunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pembelajaran (TP)
Merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP)
Panduan Umum untuk merumuskan ATP dan TP dapat diunduh pada tautan ini.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PK GURU
Apa yang dimaksud dengan penilaian kinerja guru? Penilaian Kinerja Guru adalah proses penilaian yang terbuka dan obyektif terhadap kinerja guru mel
Asesmen Diagnostik Non-Kognitif
Untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menerima/menyerap suatu informasi/pelajaran. Anak-anak silahkan klik pada gambar untuk mengerjakan tes atau KLIK DISINI. Anali
MILAD
Baraqallahu fi umrik SMP Negeri 4 Maja 14 Tahun (09022009 - 09022023) "Sederhana Tapi Istimewa"
Perbedaan Mendasar Antara Penilaian Formatif dan Sumatif
Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru terhadap peserta didik perlu adanya penilaian. Dalam kegiatan pembelajaran, ada bentuk penilaian yang cukup dikenal oleh para tenaga pendidi
Kurikulum Merdeka
LIVE INSTAGRAM @kurikulum_merdeka @litbangdikbud Resume Apa benar bahwa dalam Implementasi Kurikulum Merdeka diwajibkan untuk mendaftar? Penjelasan dari Bapak Zulkifli Anas